Welcome to my blog andreekeren.blogspot.com

Sabtu, 25 April 2015

Objek wisata Baturaja

Ingin mengetahui objek wisata apa saja yang ada di Baturaja , OKU, Sumatera Selatan ? Goa Puteri , Air Terjun Kambas , lesung bintang dan masih banyak lagi. Ikutin uraian di artikel berikut ini . Baturaja adalah ibukota kabupaten Ogan Komering Ulu , Sumatera Selatan yang merupakan jalur lintas tengah trans sumatera. Baturaja berbatasan dengan wilayah Ogan Komering Ilir di Utara dan dan OKU Selatan di selatan, muara enim di Barat dan OKU Timur di timur.

Objek wisata Baturaja sangat banyak baik berupa wisata alam maupun wisata buatanr.

Objek wisata Baturaja sangat banyak baik berupa wisata alam maupun wisata buatan. Dari data BPS OKU terdapat sekitar 42 wisata dan 4 diantaranya yang terkenal adalah sebagai berikut ;

Objek Wisata Baturaja Goa Puteri
Objek wisata Baturaja ini adalah andalan Kabupaten OKU terletak di desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji (35 KM dari Baturaja). Legenda Goa Puteri terjadi adalah tempat hunian manusia dimasa lalu. Disitu ditemukan jejak-jejak hunian goa antara lain pecahan gerabah , tulang binatang, tulang manusia, beragam alat batu seperti pukul, batu pahat, batu kapak dan lain lain.

objek wisata baturaja gowa putri
Sebelum masuk Goa Putri dipinggir Sungai Ogan terlihat sebuah batu yang biasa disebut penduduk sebagai Batu Putri. Konon batu ini merupakan penjelmaan Putri Balian yang berubah menjadi batu akibat sumpah seorang sakti yaitu Si Pahit Lidah. Nah adanya legenda inilah yang menyebabkan gua ini dinamakan Gua Putri.
Suara tetesan air yang jatuh dari langit-langit gua seolah menyapa lembut setiap pengunjung yang datang berkunjung ke Gua Putri, Batu Raja, Sumatera Selatan ini , kondisi yang masih alamai menambah suasana damai di alam Baturaja.

Gunung Putri Baturaja
Objek Wisata Baturaja Air Terjun Kambas
Objek wisata baturaja ini berupa air terjun yang terletak di desa Ulak Lebar. Jarak tempuh dari desa Ulak Lebar menuju lokasi air terjun kambas berkisar 1 jam berjalan kaki + 30 menit. Lokasi air terjun kambas berada pada ketinggian 425m diatas permukaan laut.

air terjun kambas baturaja
Perjalanan menuju lokasi melalui perbukitan yang masih alamai, hutan dan perkebunan rakyat dengan menyusuri alur sungai Kambas yang hanya dapat dilakukan dengan berjalan kaki.  Air Terjun Kambas menawarkan panorama indah dengan tiga level ketinggian, masing-masing level mempunyai ketinggian berbeda.Level satu air terjun dengan ketinggian sekitar 50 meter,level dua dengan ketinggian sekitar 12 meter, dan level ketiga dengan ketinggian 8 meter.
Lokasi objek wisata termasuk dalam kawasan hutan lindung yang dikelilingi perbukitan dan terdapat bebatuan besar. Keadaan lokasi yang memiliki bebatuan besar dan berkontur tidak rata menyebabkan tidak memungkinkan untuk membawa kendaraan langsung ke lokasi. Sepanjang perjalanan, pengunjung akan disuguhi panorama berupa hamparan perkebunan kopi dengan aroma yang khas, terutama pada saat musim bunga kopi sedang mekar. Bahkan, jika sedang beruntung, bila musim bunga tiba, pengunjung juga bisa menikmati harumnya bunga anggrek hitam yang konon selama ini hanya ada di tanah Papua dan jarang sekali berbunga.
Objek Wisata Baturaja Lesung Bintang
Objek wisata ini berupa batu yang berbentuk segi delapan yang ditengah – tengahnya terdapat lubang yang menyerupai lesung. Aset wisata ini terletak diatas bukit di desa Laya Kecamatan Baturaja Barat yang menempati areal seluas 2.5 Hektar , jarak dari kota Baturaja sekitar 3 KM sehingga sangat mudah di kunjungi. Di Lesung Bintang dapat ditemui batu berukir yang berbentuk sendi dan peta wilayah serta batu tapak kaki.
Objek Wisata Baturaja Lesung Bintang
Lesung Bintang merupakan peninggalan dari marga Bindung Langit Lawang Kulon sebagai asal mula Baturaja. Selain Lesung Bintang ada beberapa peninggalan sejarah lainnya dari bagian Lesung Bintang di antaranya Batu Berukir (berbentuk sendi dan peta wilayah) dan Batu berbentuk tapak kaki.
Objek Wisata Baturaja Lesung Bintang

Anda tertarik berkunjung keobjek wisata baturaja ini
 masih banyak lagi objek wisata menarik di baturaja



0 komentar: